Saturday, January 12, 2013

Poliomielitis


Poliomielitis (polio) adalah suatu pernyakit infeksi yang disebabkan oleh virus menular yang menyerang tubuh termasuk otot dan saraf dan dapat mengakibatkan terjadinya kelumpuhan. Sulit bernapas hingga terkadang berakhir dengan kematian. Sebagian besar kasus polio terjadi pada balita berusia antara 3-5 tahun. Virus berkembang di dalam dinding faring atau saluran cerna bagian bawah, menyebar ke jaringan getah bening dan menyebar masuk ke dalam aliran pembuluh darah sebelum menembus. Meskipun polio dapat meyebabkan kelumpuhan atau kematian, tapi sebagian besar orang yang terinfeksi virus tidak menjadi sakit dan tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi polio. Ada beberapa macam penyakit polio, diantaranya :
1.      Nonparalytic polio  adalah orang yang terinfeksi virus polio tapi tidak menyebabkan kelumpuhan. Gejala yang ditimbulkan seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah, kelelahan, leher nyeri atau kaku, kejang otot dan meningitis.
2.      Paralytic polio adalah polio yang menyebabkan kelumpuhan, bentuk yang paling parah dari polio. Gejala awal yang timbul adalah demam, sakit kepala dan kadang mengalami gejala dari nonparalytic polio. Tapi dalam waktu 1-10 hari muncul gejala kelumpuhan seperti kehilangan refleks, nyeri otot yang parah, kejang dan tungkai seperti lepas atau tidak memiliki kekuatan. Awal dari kelumpuhan ini bisa terjadi secara tiba-tiba.
Orang yang telah sembuh dari polio terkadang ada yang mengalami post-polio syndrome, yaitu sindrom pasca polio yang umumnya ditandai dengan kelemahan otot, sendi dan nyeri, kelelahan meskipun hanya sedikit melakukan aktivitas, otot atrofi, masalah di pernapasan atau menelan, gangguan tidur dan tidak tahan terhadap udara dingin.
Beberapa tanda dan Gejala
o   kesulitan bernapas,
o    kesulitan menelan,
o   retensi urin,
o   sembelit,
o   mengeluarkan air liur (ileran),
o   sakit kepala,
o    turun naik suasana hati,
o   nyeri dan kejang-kejang otot,
o   dan kelumpuhan.


Beberapa jenis Polio
Ø  Polio non-paralisis menyebabkan demam, muntah, sakit perut, lesu, dan sensitif. Terjadi kram otot pada leher dan punggung, otot terasa lembek jika disentuh.
Ø  Polio paralisis spinal adalah strain poliovirus ini menyerang saraf tulang belakang.
Ø  Polio bulbar adalah polio jenis ini disebabkan oleh tidak adanya kekebalan alami sehingga batang otak ikut terserang

No comments:

Post a Comment